Perawatan Tanaman Hias yang Efisien

Banyak orang yang memiliki hobi baru untuk merawat tanaman hias indoor sejak berlangsungnya pandemi covid19. Namun, tidak jarang banyak yang bertanya kenapa tanaman yang di-rawat tidak sama seperti foto-foto selebgram. 

Berikut ini beberapa cara merawat tanaman hias indoor yang efisien agar si tanaman siap masuk Instagram atau Tiktok kamu.

  1. Karakteristik Tanaman Hias

Jika kamu ingin lebih baik dalam merawat tanaman hias indoor di rumahmu, maka kamu harus terlebih dahulu mengetahui karakteristik tanaman hiasmu. Setiap jenis tanaman hias memiliki karakteristik khas yang berbeda satu dengan lainnya.Kamu perlu mengetahui varietasnya, jenisnya, rekomendasi suhu, kelembapan, cahaya, air dan juga metode perawatannya. Jika kamu tidak yakin, cobalah cari informasi online karena saat ini banyak situs yang menyediakan panduan dan informasi soal berbagai jenis tanaman hias.

  1. Cahaya Matahari Secukupnya

 Dengan kamu mengetahui karakteristik tanaman hiasmu, maka kamu bisa menentukan pencahayaan seperti apa yang dibutuhkan oleh tanaman hiasmu. Hal ini akan membantumu untuk menentukan kualitas, durasi dan intensitas cahaya yang tepat untuk setiap jenis tanaman hias di rumahmu. Usahakan jangan pernah menyimpan tanaman hiasmu di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung karena justru akan membahayakan tanaman hiasmu.

  1. Siapkan Kebutuhan Air

Selain cahaya, tumbuh kembang tanaman hiasmu juga bergantung pada persediaan air. Pastikan kamu tidak menyirami tanamanmu terlalu sering atau menyiram dengan terlalu banyak air dan pastikan kebutuhan air tanaman hiasmu sesuai dengan karakteristik tanamannya. Agar kualitas tanamanmu lebih baik, selalu sirami hanya dengan air dengan suhu sehangat kuku dan hindari penggunaan air dingin atau air keran. Untuk kamu yang sibuk, kamu bisa gunakan self-watering planter untuk membantu penyiraman seperti Kapi.

 

 

  1. Cara Merawat Tanaman Hias dengan Tanah yang Tepat

 Memilih tanah biasa untuk tanaman hias adalah sebuah kesalahan besar yang justru dapat merusak atau bahkan membunuh tanamanmu. Selalu perhatikan kebutuhan tanah bagi setiap jenis tanamanmu, apakah tanah yang diperlukan adalah tanah regosol, humus atau mungkin tanah gambut. Kebanyakan tanaman hias adalah tanaman dari lingkungan tropis, sehingga membutuhkan jenis tanah khusus yang mengandung kadar organik dan nonorganik tertentu.

 

  1. Beri Pupuk Sesuai Kebutuhan

Setelah kamu menyediakan segala keperluan yang dibutuhkan tanaman hiasmu, jangan lupa rawat tanaman hiasmu dengan telaten. Salah satunya yaitu dengan cara memberi pupuk sesuai kebutuhan tanaman. Seperti manusia, tanaman juga membutuhkan nutrisi tambahan untuk bertahan hidup dan berkembang. Nutrisi bagi tanaman bisa didapatkan dari pupuk, baik itu pupuk organik atau pun pupuk nonorganik.

 

  1. Jangan Pindahkan Terlalu Sering

Tanaman selalu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempatnya tumbuh. Jika memang tempatnya telah sesuai, usahakan tanaman tidak sering dipindahkan agar perkembangannya terjaga. Dengan begitu, pertumbuhan tanaman indoor akan lebih maksimal dan hasilnya tanaman bisa mekar dengan indah.

 

  1. Pangkas Secara Berkala

Beberapa jenis tanaman hias memerlukan pemangkasan tangkai-tangkai daunnya secara berkala. Ini dilakukan agar kamu bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang mungkin menyerang tanamanmu. Cari tahu interval yang dibutuhkan untuk memangkas tanaman hiasmu agar mendapat hasil terbaik. Jangan sampai terlalu cepat atau pun terlalu lama.