Tips Perawatan Furniture Kayu

Penggunaan furniture kayu semakin marak sejak populer-nya furniture skandinavia yang menganut konsep minimalis seperti IKEA. Produk dari Jepang pun menganut tipe yang sama seperti merek terkenal seperti MUJI.

 

Jika kamu salah satu penggemar furniture kayu, kamu harus mengerti juga bagaimana merawat material organik seperti kayu yang tidak semudah merawat furniture dari bahan plastik. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka resiko terkena jamur, retak, hingga dimakan rayap dapat terjadi pada furniture kayu Kamu. Namun tidak perlu khawatir karena kami punya 5 hal yang kamu bisa terapkan untuk merawat furniture kamu.

 

  1. Tempat Kering atau Bersuhu Normal

Eksposur sinar matahari secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan furniture berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung ter-ekspos sinar matahari, Tidak hanya itu, udara lembab juga dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

 

  1. Pindahkan Furniture dengan Hati-Hati

Kebiasaan memindahkan furniture besar seperti meja atau kursi dengan cara menyeret dapat menggores dan mengikis kayu yang bergesekan dengan lantai. Menarik salah satu kakinya saja juga beresiko merusak sambungan furniture. Cara yang benar dalam memindahkan furniture kayu adalah dengan mengangkatnya di bagian penampang atau sambungannya dengan hati-hati. Kamu bisa juga meminimalisir ini dengan menggunakan furniture yang bisa dibongkar pasang dengan mudah seperti Tomo.

 

  1. Penggunaan Alas yang Sesuai

Meskipun Kamu sudah berhati-hati dalam penggunaan furniture kayu, terkadang penggunaan furniture itu sendiri yang secara perlahan dapat merusak tampilannya. Untuk meminimalisir resiko tergores atau terkena noda yang membuat warna furniture kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus lagi, Kamu bisa menggunakan alas seperti taplak untuk meja makan, kain untuk  meja kerja atau coaster.

 

  1. Keringkan Noda Segera

Gelas minuman seringkali meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja makan berbahan kayu. Jika dibiarkan saja, noda ini akan tertinggal permanen dan merusak keindahan tekstur kayu alami. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Kamu cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari.

 

  1. Bersihkan Secara Berkala

Bersihkan furniture kayu sebulan sekali dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture secukupnya pada permukaan furniture kayu, lalu lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Peralatan untuk membersihkan furniture kayu ini bisa Kamu dapatkan di toko material atau toko furniture. Jika perlu, Kamu juga bisa melakukan finishing ulang pada furniture kayu setiap 2-3 tahun agar tidak terlihat kusam.

 

Karena kamu sudah tahu tips yang diperlukan, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika mau membeli produk kayu ya.